mainan anak wajib sni

Mainan Wajib SNI

Semua jenis Mainan Anak Wajib SNI demi kebaikan bersama antara produsen, konsumen dan terutama anak-anak yang menggunakannya. Mainan Wajib SNI dapat menghindari resiko akibat bahaya dari produk mainan yang tidak bertanggung jawab.

Anak-anak memang selalu sangat menarik bagi dunia bisnis karena para orang tua rela merogoh kocek dalam-dalam demi membahagiakan putra-putrinya. Dan obyek yang paling gampang disenangi anak-anak adalah mainan. Maka wajar-wajar saja jika kian hari kian membanjir berbagai ragam mainan, mulai dari mainan yang paling sederhana hingga termoderen.

Bahaya Mainan Tanpa SNI

Sayangnya tidak semua produsen perduli pada kualitas produk yang dipasarkan. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pada bulan Maret 2011 melakukan pengujian terhadap 21 jenis mainan edukasi yang dijual di mal besar seperti ITC Kuningan, ITC Cempaka Mas, Ciputra Mall, Senayan City, Pejaten Village, termasuk Pasar Gembrong.

Ternyata dari hasil uji laboratorium ditemukan produk mainan anak mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan seperti mercuri (Hg), timbal (Pb), chromim (Cr) dan cadmium (Cd).

YLKI juga melakukan pengujian secara kasat mata pada tampilan fisik mainan anak yang diuji. Lantas ditemukan mainan yang memiliki permukaan kayu tidak halus atau tidak rata, ada lubang-lubang kecil, warna cat mencolok, pengecatan yang tidak merata dan bau cat sangat menyengat!

Tampilan fisik produk seperti diatas, tentu saja berpotensi berbahaya bagi anak-anak pada usia yang masih rentan. Perlu pengawasan ekstra ketat dari pihak orang tua dan pihak terkait lainnya.

BSN (Badan Standardisasi Nasional) telah menerbitkan SNI (Standar Nasional Indonesia) tentang keamanan mainan anak. Standar Nasional Indonesia mengadopsi dari standar internasional ISO 8124 – 2010.

SNI ini terdiri dari 4 bagian, yaitu:
1. Aspek keamanan yang berhubungan dengan sifat fisis dan mekanis.
2. Sifat mudah terbakar.
3. Migrasi unsur tertentu.
4. Ayunan, seluncuran dan mainan aktivitas sejenis untuk pemakaian di dalam dan luar lingkungan tempat tinggal.

Manfaat Mainan Wajib SNI

Manfaat pemberlakuan Mainan Wajib SNI diantaranya agar dapat memberikan perlindungan bagi konsumen, produsen, para pelaku usaha dan masyarakat meliputi aspek Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, Kelestarian Lingkungan Hidup (K3L).

Fakta yang cukup mencengangkan seperti terungkap dari hasil Sidak Kemendag (Kementrian Perdagangan dan KUMKMP (Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah Perdagangan) DKI Jakarta pada Desember 2014 menemukan 647 mainan tanpa logo SNI. Padahal sidak itu hanya dilakukan di tiga tempat, Mall of Indonesia, Asemka Taman Sari, dan Pasar Gembrong.

Sejumlah mainan yang berhasil ditarik diantaranya Pelampung Disney Best Way Armband Pink, Pelampung Disney Best Way Swim Ring, Pelampung Disney Best Way Armband Blue, Transformer Bumblebee, Transformer Bumblebee Up, UNO Staco, UNO Moo, UNO Attack, Mobil-mobilan CAT kecil, Mobil-mobilan CAT besar, Crea Dough Blocks La Toys, Boneka merek Greneo, Boneka merek Greneo, Pistol air merek Greneo, Mobil GT merek 689, Boneka Barbie, Boneka merek Greneo, Robot Pintar, Golkir, Retro Donatelo Turtles dan Leo Disc Firing.

Daftar 10 Mainan Terburuk yang dirilis W.A.T.C.H (World Against Toys Causing Harm, Inc.) meneguhkan kita agar lebih waspada dalam memberikan mainan pada putra putri tercinta. Suatu keniscayaan jika yang beredar di Indonesia Mainan Wajib SNI. Pastikanlah Mainan Anak Anda Aman dengan memilih yang berlogo SNI!


Warning: Unknown: write failed: Disk quota exceeded (122) in Unknown on line 0

Warning: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/tmp) in Unknown on line 0